Sunday, March 10, 2013

TENUN IKAT

[INDONESIAN] Tenun ikat atau kain ikat adalah kriya tenun Indonesia berupa kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan ke dalam zat pewarna alami. Alat tenun yang dipakai adalah alat tenun bukan mesin. Kain ikat dapat dijahit untuk dijadikan pakaian dan perlengkapan busana, kain pelapis mebel, atau penghias interior rumah.

Sebelum ditenun, helai-helai benang dibungkus (diikat) dengan tali plastik sesuai dengan corak atau pola hias yang diingini. Ketika dicelup, bagian benang yang diikat dengan tali plastik tidak akan terwarnai. Tenun ikat ganda dibuat dari menenun benang pakan dan benang lungsin yang keduanya sudah diberi motif melalui teknik pengikatan sebelum dicelup ke dalam pewarna.

Teknik tenun ikat terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Daerah-daerah di Indonesia yang terkenal dengan kain ikat di antaranya: Toraja, Sintang, Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor. Kain gringsing dari Tenganan, Karangasem, Bali adalah satu-satunya kain di Indonesia yang dibuat dari teknik tenun ikat ganda (dobel ikat). [source : Wikipedia.org]


[ENGLISH] TENUN IKAT is woven Indonesia craft a cloth woven from strands of weft or warp threads that were previously tied and dipped in natural dyes. The loom is used loom machines. TENUN IKAT can be sewn to clothing and clothing, upholstery furniture, or interior decorator.

Before weave, strands of yarn wrapped (tied) with a plastic strap style or pattern according to a desirable ornamental. When dyed, the threads are tied with plastic rope will not be stained. Made of ‘double ikat’ weaving weft and warp yarns which are both already given binding motif of the technique before it dipped into the dye.

‘Ikat’ weaving technique found in many parts of Indonesia. Regions in Indonesia, which is famous for ikat fabrics include: Toraja, Sintang, Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores and Timor. Gringsing cloth from Tenganan, Karangasem, Bali is one of Indonesia fabric made from double ikat technique (double ikat). [source: Wikipedia.org]